Sabtu, 24 September 2011

Desain dengan Adobe Photoshop (Sejarah Adobe Photoshop)

Mendesain secara digital dengan menggunakan software Adobe Photoshop awalnya memang terasa sulit. Tapi tak lama kemudian Anda akan merasakan sendiri perubahannya jika Anda giat menekuni aplikasi dari Adobe itu sendiri. Teman-teman sekalian yang telah menggemari Photoshop perlu mengetahui sejarah dari photoshop itu sendiri.
Kakak-beradik Thomas dan John Knoll memulai pengembangan Photoshop di tahun (1987). Versi 1 dirilis oleh Adobe pada tahun (1990). Versi awal Photoshop yang diberi nama "Knoll Software" dirilis sebelum kerjasama dengan Adobe resmi dibuat. Photoshop versi pertama ini berukuran 1.4 MB. Lebih jauh, aplikasi Photoshop 0.63 lengkap dengan manual online dapat disimpan dalam disket dan bahkan masih menyisakan 200kb ''disk space'' bebas.

Meskipun pada awalnya Photoshopdirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan berbasis-kertas, Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar untuk
(World Wide Web). Beberapa versi terakhir juga menyertakan aplikasi tambahan, (Adobe ImageReady), untuk keperluan tersebut.

Photoshop juga memiliki hubungan erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting media, animasi, dan ''authoring'' buatan-Adobe lainnya. File format asli Photoshop, .PSD, dapat diekspor ke dan dari Adobe ImageReady, Adobe Illustrator, Adobe Premiere Pro, Adobe After EffectsAfter Effects dan Adobe Encore DVD untuk membuat DVD profesional, menyediakan penyuntingan gambar non-''linear'' dan layanan ''special effect'' seperti ''background'', ''tekstur'', dan lain-lain untuk keperluan televisi, film, dan situs web. Sebagai contoh, Photoshop CS dapat digunakan untuk membuat menu dan tombol button DVD.


Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 dan versi yang terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5.
Photoshop tersedia untuk Microsoft WindowsMac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linuxdengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.
Setelah sobat sudah membaca sejarah dari photoshop di atas saya ingin menampilkan beberapa hasil karya desain saya dengan menggunakan Photoshop CS5. 
Desain di atas merupakan desain manipulasi atau artwork. Desain layaknya gambar di atas hanya membutuhkan inspirasi yang cemerlang dan persiapan stock gambar yang akan diseleksi dan digabungkan menjadi satu tumpukan  gambar yang memiliki nilai seni. Tumpukan layer gambar di atas cukup banyak jumlahnya. 
Menjadi seorang desainer yang profesional itu tak perlu harus kursus atau memanggil guru privat dengan mengeluarkan banyak uang. Sobat bisa belajar dengan otodidak di dunia maya. Selain itu, sobatpun harus rajin dan giat dalam menekuni aplikasi tersebut.
referensi sejarah photoshop : id.wikipedia.org
Jika anda suka dengan artikel ini anda dapat membagikannya dengan mencantumkan link dari artikel ini.
Kiranya anda bisa menghargai usaha atau hasil kerja dari sang penulis itu sendiri

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Follow ayyub11nd on Twitter